Rabu, 29 April 2015

TUGAS B. iNDONESIA CERPEN

MASA LALU TIDAK MENYANDERA HIDUP ANDA

Jika ada waktu luang, saya suka main golf. Saya bukan pegolf yang hebat; biasa – biasa saja. Namun sekarang permainan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya. Ketika mulai bermain golf tahun 1969, permainan saya payah sekali. Pegangan seperti pegangan baseball dan saya berusaha memukul bolanya sekuat tenaga, yang menyebabkan bola sering masuk ke woods atau rough.

Saya sudah berusia 22 tahun ketika pertama kalinya bermain. Mungkin akan lebih mudah jika saya telah bermain sejak usia lima tahun, seperti kebanyakan pemain. Namun apapun  yang terjadi, saya mulai senang bermain golf, dan minat saya dalam olah raga golf di sulut oleh Arnold Palmer.

Arnold Palmer adalah salah seorang olahragawan terbesar di abad kedua puluh dan ia benar – benar memperkenalkan golf sebagai olah raga profesional. Rick Reilly dalam majalah Sport Illustrated menulis, “Pada dasarnya, ia terjun ke dalam permainan yang sedikit terlalu harus tepat, sedikit terlalu elit, sedikit terlalu dipenuhi dengan pria – pria Ivy League yang berusaha tidak mengotori cardigan mereka, dan membawakan nafas baru ke dalam permainan ini”. Tentang Palmer, Tiger Woods mengatakan, “Saya ingin menjadi orang seperti dia”.

Banyak orang dari generasi saya ( saya lahir tahun 1947 ) menjadi pegolf karena Arnold Palmer, demikian pula olahraga golf kini makin digemari karena Tiger Woods. Palmer adalah seorang pegolf professional sejati. Seperti Woods, ia mulai bermain golf sejak kanak – kanak. Ketika beranjak dewasa, ia mengerjakan segala pekerjaan yang ada dilapangan golf (Ayahnya adalah seorang pegolf pro dan pengawas lapangan).

Palmer telah aktif dalam golf professional lebih dari empat puluh tahun dan telah memenangkan sembilan puluh dua kejuaraan, enam puluh satu diantaranya pada U. S. PGA Tour. Mulai tahun 1960 hingga tahun 1963, ia merupakan pegolf terhebat di dunia, memenangkan 29 kejuaraan PGA. Kemampuan itu membuatnya dinobatkan sebagai Olahragawan Tahun Ini oleh majalah Sport Illustrated pada tahun 1960, serta Atlet Dekade Ini Palmer “memadukan keberanian seorang bandit Brink dengan keyakinan yang tak mengenal takut dari seorang pemain sirkus. Ia mengatakan, “Seandainya saya harus memasukkan bola dari jarak delapan kaki, dan segala yang saya miliki tergantung pada keberhasilan saya, saya ingin Palmer melakukannya untuk saya.”


Siakap Palmer yang rendah hati, kepribadiannya yang menarik, penampilannya yang jantan, serta kemampuan bermainnya yang luar biasa, membuat banyak penonton tertarik mengikutinya dari lubang ke lubang, sama seperti yang dilakukan penggemar Tiger Woods sekarang. Ketika itu mereka disebut  “Raja” itu memperlihatkan kebolehannya di lapangan golf. Itu yang pertama dalam golf, dan tentu saja menyenangkan untuk di tonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar